Selasa, 03 Januari 2012

MENGENALI AL-KINDI*

A.   Riwayat Hidup
Nama        :Abu Yusuf, Ya’kub Ibnu Ishak al-Sabah, Ibnu Imran, Ibnu Al-Asha’at, Ibnu Kays  Al-Kindi
T T L            : Kufah/Basrah tahun 185 H/801 M. Wafat 873 M.
Orang Tua : Ishak AshShabbah ( Gubernur Kuffah, pada pemerintahan Al-Mahdi dan Harun Ar-Rosyid).
Pendidikan : Waktu kecil di Basrah, Remaja di Bagdad.
Rival           : Ahli hadits Ja’far bin Muhammad Al-Balakhy.
Fans       : Kosmologi dan Metafisika (Aristoteles), Psikologi (Plato) dan Etika (Socrates dan Plato), Menekan Rasio dan menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an (Muktazilah)
Karya        : Kurang lebih 241 buku. Di antaranya Filsafat/Logika: Teologi Aristoteles, Risalah fi al-Madkha al-Mantiqi bi Istifa al-Qawl fihi tentang pengantar lengkap logika, Risalah Fil Ibanah ‘an Qawl bathlimayus fi la-awwal Kitabihi al-Majithi ‘an Qawl Arishthathalis Ji Analuthiqo tentang penjalan ulasan Ptolemy pada permulaan Almagest mengenai apa yang di katakana Aristoteles dalam analitiknya, Ikhtisar Kitab Isaghuji li Falfuris tentang Ringkasan Eisogige Porphiry  Ilmu Hitung: Risalatuhu fi Madkhal ila al-aritmatiqi tentang pengantar ilmu hukum, Risalah fi al-Kammiyat, almudhafah tentang jumlah relative, Kitab fi Al-Khalq an-Nusbiyah wa az- Zamaniyah tentang mengukur perbandingan dan masa, Risalah fi at-Tauhid min Jihad al-A’dad tentang ke-esaan dari segi angka-angka. Etika/Konseling: Merawati Kemurungan/Risalah fi al- Hila li-Daf al-Ahmn). Astronomi : Risalah fi Masa'il Su'ila anha min Ahwal Al-Kawakib tentang pernyataan keadaan planet-planet, Risalah fi jawab Masa’il Thabi’iyyah Fi Kaifiyyat Nujumiyyah tentang Pemecahan Soal-soal fisis sifat-sifat perbintangan, Risalah fi anna ru’yat al-Hilal la Tudhbathu bi al-Haqiqah wa innama al Qawl fiha bi at-Taqrib tentang Pengamat astronomi bulan baru tidak dapat di tentukan dengan mutlak, Risalah fi mathrah as Syu’aa tentang Proyeksi Sinar, Risalah fi Faslyn tentang dua musim; musim panas dan dingin, Fi Asy Syu’a’at tentang sinar bintang. Pengobatan : Risalah fi ‘Illat Nafst Ad-Damm tentang Hemoptesis (batuk darah dari saluran pernafasan), Risalah fi Asyfiyat as-Sumum tentang obat penawar racun, Risalah ‘illat al-Judzam wa Asyfiyatuhu tentang penyakit lepra dan pengobatannya, Risalah fi ‘Adhat al-Kalb al-Kalib tentang Rabies, Risalah ‘Illat Baharin al-Amradh al Haddah tentang sebab igauan dalam penyakit akut.
B.    Pemikiran
1.      Menurut Al-Kindi Filsafat adalah pengetahuan tentang segala sesuatu yang abadi, bersifat menyeluruh dan umum essensinya dan causa-causanya.
2.      Kausalitas Alam  ada ‘illatnya (Sebab) yang jauh, yang menjadikan yaitu Alloh. Asal tidak mempunyai asal kemudian menjadi ada karena di ciptakan, maka mustahil Qadimnya.
3.  Tuhan adalah Wujud yang Hak, yang bukan asalanya tidak ada menjadi ada, Ia selalu mustahil tiada ada, Dia selalu ada dan akan selalu ada, jadi Tuhan adalah wujud sempurna yang tidak didahului oleh Wujud lain, tidak berakhir wujud-Nya dan tidak ada kecuali dengan-Nya. Tuhan adalah sebab pertama (First Cause).
4.   Epistemologi dibagi menjadi tiga, pertama Pengetahuan Indrawi, langsung ke material dan tanpa tenggang waktu, tanpa upaya pindah ke imajiner, kemudikan ke tempat penampungnya yaitu Hafizah. Pengetahuan ini selalu berubah, selalu dalam keadaan menjadi, bergerak, berlebih, kurang kuantitasnya dan berubah-ubah kualitasnya. Kedua Rasional, menggunakan akal bersifat Universal, tidak parsial, bersifat Immaterial. Obyeknya bukan individu, tetapi genius dan species. Menggunakan akal, menyelidiki hingga mendapat konklusi. Ketiga Pengetahuan Israqi, Pengetahuan langsung dari pancaran Nur Illahi (laduni), hanya bagi yang berhati bersih.
5. Etika adalah latihan untuk mati, artinya dengan mematikan hawa nafsu akan mendapatkan keutamaan. Untuk mendapatkan keutamaan melalui tiga sikap, yaitu Hikmah (kebijaksanaan) maksudnya berfikir, teoritik dan praktis. Najah (keberanian) maksudnya memandang ringan mati demi kebenaran, dan menolak yang harus ditolak. ‘Iffah (Kesucian) maksudnya memperoleh sesuatu yang memang haknya, guna mendidik dan memelihara badan serta menahan diri dari yang tidak perlu.


Ket : * Resume dari Buku Filsafat Islam Karya Drs. Sudarsono, SH. M.Si (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar